Peraturan-Peraturan STBA LIA

Untuk menciptakan ketertiban dalam pelaksanaan kegiatan akademik dan non akademik di STBA LIA, sivitas akademika dan masyarakat umum diminta untuk memperhatikan peraturan-peraturan yang telah diresmikan dan berlaku.

Kode Etik

Kode Etik & Kode Perilaku STBA LIA

Kode Etik Dosen dan Tenaga Kependidikan

Kode Etik Kemahasiswaan

Peraturan Akademik

Peraturan Akademik STBA LIA

Pedoman Penulisan Tugas Akhir

Panduan Penulisan Referensi Gaya APA (Ed. ke 6)

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

Peraturan non Akademik

Peraturan Kerja Sama STBA LIA

Prosedur Penyelesaian Tugas Akhir Program Sarjana

Dalam studi di perguruan tinggi, penyelesaian tugas akhir merupakan bagian yang penting. Mahasiswa STBA LIA yang kuliah bahasa Inggris dan kuliah bahasa Jepang pada program Sarjana (S1) memiliki kemungkinan untuk menuntaskan program S1 yang dipilihnya dengan menulis skripsi atau tanpa menulis skripsi dan menggantikan SKS skripsi dengan sejumlah SKS mata kuliah peminatan.

Sehubungan dengan adanya dua kemungkinan itu, perlu diatur tahapan yang jelas kapan mahasiswa itu dapat menentukan pilihan menulis skripsi atau tanpa menulis skripsi, dengan berkonsultasi kepada Pembimbing Akademik (PA) masing-masing. Pemilihan jalur tanpa skripsi juga memerlukan berbagai aturan, antara lain yang bersangkutan dengan mata kuliah yang boleh atau dapat dipilih serta kapan mereka dapat menempuh Ujian Lisan Mata Kuliah Peminatan (ULMKP).

Semua pengaturan penyelesaian studi ini pada prinsipnya bertujuan agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu, dalam masa studi normal (empat tahun/delapan semester) dan mendapat pekerjaan dalam waktu cepat.

Semoga buku kecil ini akan memperlancar pelaksanaan pembimbingan mahasiswa untuk menyelesaikan studi mereka di STBA LIA.

Ketua STBA LIA,

Dr. Dewi Ariantini Yudhasari, S.S., M.Si.

Prosedur Penyelesaian Studi

Ketentuan dan Batas Waktu Pengambilan Ijazah

KETENTUAN DAN BATAS WAKTU PENGAMBILAN IJAZAH

STBA LIA JAKARTA

Setelah menyelesaikan kuliah di Program Studi Sarjana selama 4 tahun (8 semester) dan Program Diploma  selama 3 tahun (6 semester), para lulusan STBA LIA berhak memeroleh ijazah sebagai penanda kelulusan, dilengkapi Transkrip Nilai dan Transkrip Kegiatan Kemahasiswaan.

Dokumen tersebut sangat berharga sebagai bekal pendukung untuk mencari pekerjaan atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Para lulusan wajib mengambil dokumen berharga itu selambat-lamabatnya dua bulan sesudah hari wisuda, mengingat bahwa STBA LIA Jakarta tidak memiliki ruangan atau lemari khusus untuk menyimpan barang/dokumen berharga.

Ketentuan ini diatur dalam Surat Keputusan Ketua STBA LIA Jakarta No.007/SK/K/STBA-LIA/II/2016. Berikut petikan SK ketentuan dan batas waktu pengambilan ijazah STBA LIA Jakarta.

MEMUTUSKAN

Menetapkan   :  Ketentuan, batas waktu dan denda pengambilan ijazah bagi alumni STBA LIA Jakarta, dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

Pertama         :  Ijazah dapat diambil di STBA LIA Jakarta selambat-lambatnya 2 (dua) bulan setelah pelaksanaan wisuda tanpa dipungut biaya.

Kedua           :   Pengambilan ijazah setelah batas waktu yang ditetapkan pada butir 2 dikenakan biaya administrasi penyimpanan dokumen dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Pengambilan ijazah pada bulan ke-3 setelah wisuda dikenakan denda sebesar Rp.100.000.
  • Pengambilan ijazah pada bulan ke-4 setelah wisuda dikenakan denda sebesar Rp.200.000.
  • Pengambilan ijazah pada bulan ke-5 setelah wisuda dikenakan denda sebesar Rp.300.000.
  • Pengambilan ijazah pada bulan ke-6 setelah wisuda dan seterusnya, pemilik ijazah dikenakan denda sebesar Rp.1.000.000.

Ketiga             :   Pengambilan ijazah dapat diwakilkan kepada orang lain dengan Surat Kuasa bermaterai cukup dan ditandatangani.

Keempat          :  STBA LIA tidak bertanggungjawab apabila terjadi kerusakan pada ijazah yang diambil setelah waktu yang telah ditentukan.

Kelima             :  Dengan dikeluarkannya Surat Keputusan ini maka SK No. 010/SK/K/STBA-LIA/II/2016 tanggal 20 Februari 2013 perihal Ketentuan dan Batas Waktu Pengambilan Ijazah, dinyatakan tidak berlaku lagi.

Keenam           :  Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan, akan diadakan perubahan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di  :                                     Jakarta

Pada tanggal   :                       26 februari 2016

Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA Jakarta

Ketua,