Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di STBA LIA bukan semata-mata kegiatan belajar tentang bahasa dan budaya asing, tetapi juga memberi pengalaman yang memperluas wawasan dan pengetahuan tentang kehidupan internasional. Oleh karena itu, semenjak 2007, STBA LIA telah mengirimkan 37 mahasiswa kuliah di luar negeri dengan menggunakan beasiswa hasil kerja sama antara STBA LIA dengan universitas-universitas dari Jepang. Universitas-universitas yang menjalin kerja sama dengan STBA LIA adalah:

  1. Kanda University of International Studies (KUIS)
  2. Yamanashi University
  3. Kochi University

Program beasiswa untuk kuliah di luar negeri terbuka untuk mahasiswa-mahasiswa dari program reguler dan kelas karyawan selama mereka mampu memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan. Mahasiswa-mahasiswa yang pernah kuliah di Jepang selama satu tahun adalah:

Kanda University

  1. Fritz Fernandez pada tahun 2007
  2. Jennifer Sarah dan Muchlasin pada tahun 2011
  3. Dwi dan Pipit pada tahun 2014
  4. Irfan dan Sagitara pada tahun 2016
  5. Alexander Ferlis dan Joshua pada tahun 2018

Yamanashi University

  1. Ginanjar pada tahun 2014
  2. M. Azhar pada tahun 2016
  3. Fredy Tiongsin pada tahun 2017

Kochi University

  1. Aditya, Ninda, dan Ricozira pada tahun 2015
  2. Gita, Aimee, dan Anton pada tahun 2016

Program Studi Bahasa Jepang

Program Studi Sarjana Sastra Jepang telah terakreditasi B oleh BAN-PT. Pada Program Studi Sastra Jepang, mahasiswa belajar aspek linguistik dan budaya Jepang secara menyeluruh sehingga pada saat menyelesaikan pendidikan di STBA LIA, lulusan memiliki kompetensi bahasa Jepang setara NNC tingkat (level) 3 dan pengetahuan budaya Jepang yang sangat baik sehingga lulusan STBA LIA bisa langsung masuk kerja, khususnya, di perusahaan atau kantor Jepang. Banyak mahasiswa-mahasiswa yang kuliah bahasa Jepang di STBA LIA menjadi tenaga kerja yang handal di perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia dan juga bekerja langsung di Jepang.

Visi

Menjadi Program Studi Sastra Jepang terkemuka di Indonesia yang menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmunya dan mahir berbahasa Jepang, baik secara lisan maupun tertulis, serta memiliki kompetensi tambahan untuk berkarya di bidangnya.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan bahasa Jepang sesuai dengan perkembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan;
  • Melatih keterampilan berbahasa Jepang yang dapat digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan;
  • Membimbing mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik;
  • Menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan, menyebarluaskan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta mengupayakan penggunaan ilmu pengetahuan tersebut;
  • Melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri, agar dapat memperkaya kebudayaan nasional dan mempererat hubungan persahabatan antar bangsa.

Tujuan

  • Mempersiapkan tenaga-tenaga yang mahir berbahasa Jepang secara lisan dan tertulis;
  • Menghasilkan ilmuwan/sarjana yang mampu menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan linguistik dan sosial budaya Jepang.

Program Studi Bahasa Inggris

Program Studi Bahasa Inggris STBA LIA memiliki status terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan telah beroperasi semenjak tahun 1999. Program Studi Bahasa Inggris terbagi dalam dua:

  • Program Studi Sarjana (S1) Bahasa Inggris
  • Program Studi Diploma 3 (D3) Bahasa Inggris

Visi

Menjadi Program Studi yang mengamalkan tridarma perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan yang unggul dan berakhlak mulia sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada tahun 2025

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran bahasa Inggris yang bermutu dan berbasis IPTEKS sesuai kebutuhan dunia kerja.
  2. Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah yang bermanfaat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam bidang bahasa Inggris.
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi lain di dalam dan luar negeri, khususnya dalam bidang bahasa Inggris.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang bahasa Inggris, menguasai IPTEKS dan berjiwa wirausaha.
  2. Meningkatkan penelitian dan kegiatan ilmiah dalam bidang bahasa Inggris.
  3. Mengembangkan dan menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan penerapan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris.
  4. Menghasilkan kerja sama di bidang bahasa Inggris dengan berbagai pihak.

Di Program Studi Bahasa Inggris, mahasiswa belajar tentang baik bahasa dan budaya Inggris. Mahasiswa akan belajar mendalam tentang aspek linguistik bahasa Inggris yang meliputi grammar (syntax), percakapan (speaking), kosakata (vocabulary), menyimak (listening), membaca (reading), menulis (writing), prosa, drama, penerjemahan, pengajaran, dan jurnalisme. Diharapkan, mahasiswa lulus dari STBA LIA dengan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris yang baik dengan kompetensi setara TOEFL pada angka 500. Selain itu, lulusan memiliki pengetahuan pendukung di bidang budaya Inggris sehingga memudahkan interaksi dengan penutur jati (native speaker) bahasa Inggris.