Bikin Pintar, Ini 6 Aplikasi Kuliah Online yang Wajib Dikunjungi

Aplikasi Kuliah Online

Di era teknologi seperti sekarang, segalanya bisa diakses melalui internet, termasuk menuntut ilmu. Mahasiswa bisa belajar apa saja di mana saja tanpa terikat ruang dan waktu karena aplikasi kuliah online menyediakan berbagai informasi penting yang dibutuhkan mahasiswa.

Kebutuhan kuliah online atau e-learning ini semakin meningkat dengan adanya pandemi Covid-19. Aplikasi kuliah online dapat diakses dengan mudah bukan hanya oleh mahasiswa kelas karyawan, tetapi juga universitas terkemuka di dunia.

Dari banyaknya aplikasi kuliah online yang beredar, ada 6 rekomendasi aplikasi kuliah online terbaik yang patut diketahui. Berikut di antaranya:

  1. Google Classroom
    Google Classroom

    Seperti namanya, aplikasi kuliah online ini disokong oleh Google guna mempermudah proses belajar secara online. Penggunaan google classroom juga sangat mudah. Para mahasiswa hanya perlu mengunduhnya di Play Store.

    Setelah mengunduh, para mahasiswa hanya perlu login dan pilih kelas yang akan diikuti dengan cara memasukkan kode kelas yang telah didaftarkan oleh dosen.

    Setelah bergabung dengan kelas yang dituju, para mahasiswa dapat melihat materi atau tugas di classwork. Karena bisa terintegrasi langsung dengan Google Drive dan juga Google Docs, dosen bisa dengan mudah melihat seluruh tugas yang telah dikirim mahasiswanya dan juga sebaliknya. Praktis, kan?

  2. Edlink

    Edlink tidak hanya dapat digunakan untuk berbagi materi pembelajaran, tetapi juga bisa dipakai untuk membagikan jadwal, tugas, dan informasi yang dibutuhkan mahasiswa.
  3. Schoology
    Schoology

    Schoology merupakan aplikasi LMS (Learning Management System) yang menyediakan banyak fitur yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara gratis.
  4. Edmodo
    Edmodo

    Berbeda dengan aplikasi kuliah online lainnya, Edmodo tidak hanya menghubungkan mahasiswa dengan dosen, tetapi juga orang tua mahasiswa.

    Dengan aplikasi ini, orang tua dapat memantau proses pembelajaran anaknya secara seksama. Dosen juga menjadi lebih mudah untuk mengirimkan peringatan, acara, ataupun tugas.

    Bahkan, dengan adanya aplikasi ini, dosen dan mahasiswa bisa saling berbagi dokumen, catatan, ataupun tautan. Proses belajar mengajar menjadi lebih mudah dengan adanya Edmodo.

  5. edX
    edx

    Kesempatan untuk belajar lebih banyak hal memang semakin terbuka dengan hadirnya edX. Situs yang dibuat oleh universitas Harvard dan MIT tahun 2012 ini dapat mempermudah mahasiswa mengakses materi kuliah.

    Situs ini menggunakan sistem MOOC atau Massive Open Online Course, dengan menyediakan lebih dari 1.300 kursus dari beragam mata kuliah.

  6. Coursera
    Coursera

    Siapa saja yang haus akan ilmu dan memiliki keterbatasan budget untuk kuliah atau mengakses berbagai informasi, wajib membuka aplikasi atau situs kuliah online Coursera.

    Coursera adalah platform belajar mandiri yang menyediakan ribuan video, rekaman pembelajaran dari pengajar ataupun forum diskusi yang bisa diakses dengan mudah. Setidaknya, ada 2226 jenis kursus tersedia dengan berbagai bidang perkuliahan yang berasal dari 150 lembaga pendidikan dan universitas top dunia.

Masih banyak aplikasi kuliah online lainnya yang bisa diunduh atau dikunjungi di internet. Kamu hanya perlu menggali informasi mengenai jurusan kuliah yang kamu minati, termasuk kursus gratis yang disediakan aplikasi tersebut. Tujuannya agar kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mengembangkan kemampuan di bidang yang ingin kamu geluti nantinya.

STBA LIA Jakarta adalah salah satu sekolah tinggi bahasa asing yang telah menjalankan kuliah online atau hybrid learning dengan memanfaatkan aplikasi kuliah online dengan berbagai moda. Hal ini membuat para mahasiswa dapat mengakses materi ajar bahasa Inggris dan bahasa Jepang dengan lebih mudah.

Leave a Reply

Translate »