8 Alasan Mengapa Kamu Perlu Memilih Jurusan Bahasa Asing

jurusan bahasa asing

Bagi sebagian calon mahasiswa, jurusan bahasa asing tampak kurang menarik. Alasannya beragam. Ada yang merasa bahwa jurusan ini cenderung membosankan, ada pula yang merasa bahwa lulusan bahasa asing akan menemui kesulitan dalam mencari kerja.

Jika kamu termasuk yang berpikir demikian, segera lenyapkan. Pasalnya, akan ada banyak hal yang bisa kamu pelajari selama mengambil jurusan bahasa asing. Selain mempelajari bahasa tertentu, kamu juga akan mempelajari budaya dan sejarah dari negara tempat bahasa asing yang kamu pelajari.

Bahkan tidak hanya itu, pada jurusan ini pula kamu akan diajarkan menganalisis dan berpikir kritis. Masih merasa kurang tertarik untuk mengambil jurusan bahasa asing? Di bawah ini ada 8 alasan mengapa kamu perlu untuk mengambil jurusan bahasa asing. Mungkin ini bisa mengubah pemikiran dan ketertarikanmu!

  1. Fasih berbicara bahasa asing.
    Memilih jurusan bahasa asing membuatmu fasih menggunakan bahasa tersebut, contohnya bahasa Inggris. Pasalnya, selama kegiatan perkuliahan, kamu akan diminta lakukan praktek berbicara atau pun menulis menggunakan bahasa asing tersebut.

    Kamu tak perlu takut salah, karena mata kuliah sudah disusun secara bertahap. Kamu bisa belajar secara perlahan sehingga ilmu yang kamu dapat akan bertambah seiring berjalannya waktu.

    Bila selama 4 tahun kamu konsisten belajar dan praktik berbahasa asing, maka sangat mungkin kemampuan bahasa asingmu lebih bagus dibanding orang lain yang tidak mendalaminya.

  2. Bisa bekerja part time sebagai penerjemah.
    Orang yang memilih jurusan bahasa asing memiliki peluang yang besar untuk kerja part time sebagai penerjemah ketika sedang kuliah ataupun setelah bekerja. Website yang mencari jasa penerjemah bahasa asing kini juga semakin beragam, sehingga memudahkanmu untuk mendapatkan uang tambahan.
  3. Membuka kursus bahasa asing.
    Selain menjadi penerjemah paruh waktu atau part time, mahasiswa jurusan bahasa asing juga memiliki kesempatan untuk menjadi guru les bahasa asing tersebut. Bahkan, kesempatan untuk membuka kursus bahasa asing sendiri juga terbuka lebar.

    Ini karena ilmu yang kamu pelajari di jurusan pendidikan bahasa asing sudah cukup untuk menjadikan mahasiswanya sebagai tenaga pengajar non-formal.

  4. Prospek kerja lulusan bahasa asing luas.
    Alasan perlu memilih kuliah bahasa asing selanjutnya adalah karena prospek kerja lulusan bahasa asing terbilang luas. Selain bisa menjadi penerjemah, guru bahasa asing, kamu juga bisa menjadi penulis konten, pemandu wisata, staf perbankan, reporter, hingga staf yang ditempatkan di luar negeri. Prospek yang cukup menjanjikan bukan?
  5. Dicari banyak perusahaan.
    Sebagian besar perusahaan memberikan nilai plus terhadap karyawan yang menguasai bahasa asing tertentu. Bahkan perusahaan besar ada yang mensyaratkan calon karyawannya fasih berbahasa asing.

    Tentu persyaratan ini bukan hal yang perlu kamu khawatirkan. Pasalnya, pengucapan bahasa asing secari lisan atau dalam bentuk tulisan sekalipun sudah menjadi makanan sehari-hari selama perkuliahan.

  6. Peluang bekerja di luar negeri lebih terbuka lebar.
    Selain banyak perusahaan yang mencarimu, peluang kamu untuk bekerja di luar negeri, khususnya di negara yang kamu pelajari bahasanya akan cenderung lebih tinggi. Artinya, kamu juga mungkin untuk berkesempatan memiliki gaji yang lebih besar saat mejadi tenaga kerja di luar negeri. Menarik kan?
  7. Lebih berwawasan luas karena mempelajari budaya negara asing.
    Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jurusan bahasa asing tidak hanya mengajarkan para mahasiswanya untuk mengenal tanda baca, ejaan, penggunaan huruf besar, menulis, ataupun berbicara saja.

    Namun, juga memberikan pelajaran lain terkait budaya, politik, ekonomi, hubungan internasional, hingga sejarah negara tersebut. Tentu ini akan membuatmu terlihat memiliki wawasan luas

  8. Memiliki teman dari berbagai negara.
    Tidak menutup kemungkinan jika kamu akan mempunyai teman yang berasal dari negara lain. Pasalnya, kesadaran untuk mahir berbahasa asing, baik itu Inggris, Jepang, Mandarin, atau bahasa asing lainnya kini semakin besar sehingga ada kemungkinan orang dari negara lain juga turut mempelajari bahasa asing yang sedang kamu dalami diperkuliahan. Pergaulanmu tentu menjadi lebih luas.

Itulah delapan alasan mengapa kamu perlu untuk memilih jurusan bahasa asing. Jika kamu tertarik untuk belajar atau kuliah bahasa asing, bertandanglah ke STBA LIA Jakarta.

Kampus yang mengajarkan bahasa asing ini akan memberikan penguasaan skil bahasa asing dengan baik sesuai dengan perkembangan jaman. Jika kamu tertarik bisa daftar langsung melalui link bit.ly/PMBSTBALIA.

Leave a Reply

Translate »