Ini 5 Cara Kenali Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Kamu

jurusan kuliah

Seiring berkembangnya jaman, jurusan kuliah semakin beragam. Hal ini tak jarang membuat para siswa yang akan memasuki jenjang kuliah bingung dalam memilih jurusan mana yang cocok untuknya. Apakah kamu termasuk yang sedang dihadang permasalahan ini? Jangan terburu-buru dulu dalam mengambil keputusan.

Kamu harus menelaah kembali jurusan mana yang cocok denganmu sebelum benar-benar mengambil jurusan tersebut. Jangan sampai, kamu mengambil jurusan kuliah yang salah karena ikut-ikutan pacar, sahabat, atau teman terdekatmu. Pasalnya, jurusan yang kamu pilih mungkin untuk menjadi penentu karirmu di kemudian hari.

Pemilihan jurusan yang tepat juga akan membuatmu senang dalam menjalani perkuliahan, sehingga kamu tidak terlalu merasa terbebani dengan tugas-tugas yang ada selama kuliah. Tentu ini juga membuat peluang untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu semakin terbuka lebar.

Cara mengenali jurusan kuliah yang cocok untukmu memang tidak mudah. Namun, beberapa hal berikut ini mungkin bisa mempermudahmu dalam mengenali jurusan mana yang cocok untukmu:

  1. Kenali apa yang kamu suka.
    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali terlebih dahulu apa hal yang kamu sukai. Untuk mengetahuinya, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah menelisik kembali pelajaran apa yang kamu suka selama sekolah.

    Dengan demikian, kamu akan lebih semangat dalam mempelajarinya. Sebaliknya, jika kamu tidak memiliki ketertarikan dengan bidang ilmu tersebut, bisa jadi kamu akan menjalani perkuliahan dengan setengah hati.

    Kamu yang suka pelajaran matematika, mungkin akan lebih cocok untuk mengambil kuliah ekonomi atau statistika. Untuk yang menyukai pelajaran bahasa, mungkin jurusan kuliah yang cocok adalah sastra, penulisan, atau kepustakaan.

  2. Pahami minat dan bakatmu.
    Selain hal yang disukai, perhatikan juga minat dan bakatmu. Misalnya, kamu termasuk orang yang suka diminta pendapat atau saran oleh teman-temanmu ketika mereka sedang ada masalah, mungkin kamu cocok untuk mengambil jurusan psikologi.

    Untuk kamu yang suka berbicara di depan banyak orang, mungkin jurusan broadcasting, jurnalistik, atau hubungan internasional cocok untukmu. Jadi, kenali minat dan bakatmu yang tidak kamu sadari, ya!

  3. Lakukan riset.
    Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengetahui jurusan mana yang cocok untukmu, coba lakukan riset atau gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan yang kira-kira menarik perhatianmu.

    Kamu bisa bertanya kepada kakak alumni sekolahmu, guru BK, tutor tempat kamu belajar tambahan, atau melalui internet dan media sosial sehingga kamu lebih paham mengenai jurusan tersebut.

    Penting untuk mengetahui lebih dalam mengenai mata kuliah, tantangan, serta prospek kerja di masa depan mengenai jurusan yang akan kamu pilih, tanpa menyampingkan minatmu. Dengan begitu, kamu bisa punya gambaran tentang perkuliahan dan tahu apa tujuan kamu setelah lulus kuliah nanti.

  4. Minta pendapat orang terdekat.
    Cobalah minta pendapat orang terdekat, seperti orang tua, kakak, atau sahabatmu mengenai jurusan apa yang kira-kira cocok untukmu. Mungkin mereka melihat bakat dan minat terpendam dalam dirimu yang tidak kamu sadari.

    Jika kamu sudah tahu kira-kira ingin mengambil jurusan apa, tanyakan secara mendalam mengenai jurusan tersebut kepada mereka yang memang paham agar kamu tahu kedepannya seperti apa. Jadi, saat mengambil jurusan tersebut, kamu akan lebih tahu sedikit mengenai tantangan apa saja yang harus kamu hadapi selama berkuliah nanti.

  5. Perhatikan biaya kuliah.
    Jangan lupa untuk memperhatikan biaya kuliah juga ya. Beberapa jurusan, seperti kedokteran membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga kamu harus mempertimbangkan dan membicarakan hal ini kepada orang tua.

    Ini dilakukan agar tidak memberatkan dirimu di kemudian nanti. Kamu gak mau kan kuliahmu harus terhenti karena masalah biaya.

Itulah beberapa cara mengenali jurusan kuliah yang cocok untuk kamu. Ingat, pertimbangkan dengan baik-baik ya agar kamu bisa menikmati perkuliahan dengan senang dan sepenuh hati.

Leave a Reply

Translate »