Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Tentang BIPA

Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing atau BIPA adalah program yang dirancang khusus untuk para ekspatriat dan pelajar asing yang tertarik untuk belajar Bahasa Indonesia baik secara lisan maupun tulisan.

Program BIPA di STBA LIA sudah berdiri sejak 2008. Sampai saat ini, STBA LIA telah meluluskan banyak ekspatriat dan pelajar asing dengan hasil yang memuaskan, dikarenakan kami secara selektif memilih para pengajar yang kompeten dan berpengalaman dalam pengajaran BIPA. Para pelajar yang mempelajari keterampilan berbahasa Indonesia akan dibimbing secara khusus hingga dapat menguasai bahasa Indonesia. Para pelajar juga memiliki kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan berbahasa Indonesia mereka, tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas, yaitu dengan terlibat langsung dalam kebudayaan lokal dan kegiatan di STBA LIA.

Kami percaya bahwa dengan bergabung dalam Program BIPA STBA LIA, Anda telah selangkah lebih maju untuk memiliki kesempatan dalam menguasai keterampilan berbahasa sekaligus memahami kebudayaan Indonesia.

Tingkat Kemahiran
  1. BIPA 1 : Pemula ( A1 – A2 )
    Pada akhir level ini, pelajar diharapkan untuk memiliki kompetensi dasar dalam penggunaan bahasa Indonesia pada percakapan sehari-hari.
  2. BIPA 2 : Madya ( B1 – B2 )
    Pada akhir level ini, pelajar diharapkan untuk dapat memakai bahasa Indonesia secara lisan dan tulisan untuk tujuan formal.
  3. BIPA 3 : Mahir ( C1 – C2 )
    Pada akhir level ini, pelajar diharapkan untuk dapat memberikan pendapat dan alasan, untuk berpartisipasi dalam diskusi formal, dan untuk menulis karangan.
Program dan Masa Belajar
  1. Program Reguler
    Semester pertama: September sampai Desember (Pemula dan Madya saja)
    Semester kedua: February sampai May (Madya dan Mahir saja)
    Jadwal perkuliahan: Senin – Jumat (2 sesi per hari)
         ~ 10:00 – 11:40 (sesi pertama)
         ~ 13:00 – 14:40 WIB (sesi kedua)
    1 paket terdiri dari 65 sesi per semester (1 sesi = 100 menit belajar)
  2. Program Privat
    Program privat adalah perkuliahan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelajar. Jumlah kelas dan jadwal dapat diatur sesuai dengan ketersediaan pelajar.
    1 paket terdiri dari 24 sesi (1 sesi = 90 menit belajar atau dapat disesuaikan)
  3. Immersion Course Program (ICP)
    Immersion Course Program atau ICP diselenggarakan berdasarkan kerja sama kemitraan. Program ini disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau institusi. Durasi program ini berlangsung sekitar 2 sampai 10 minggu.
Aplikasi dan Tata Cara Pendaftaran
FAQ
  1. Bagaimanakah tahap penerimaan Program BIPA?
    Pelajar yang berminat dapat mengikuti tahapan pada “Aplikasi dan Tata Cara Pendaftaran”. Akan tetapi, jika masih ada pertanyaan mengenai hal tersebut, silakan menghubungi kami langsung melalui email atau telepon untuk detail lebih lanjut.
  2. VISA apa yang sebaiknya pelajar pilih?
    Kami menyarankan agar pelajar memilih VISA Kunjungan Sosial Budaya yang berlaku selama 60 hari.
  3. Apakah itu KITAS?
    KITAS adalah Kartu Izin Tinggal Terbatas yang berlaku selama 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Jika pelajar berniat untuk tinggal di Indonesia selama lebih dari tiga bulan, kami menyarankan untuk memiliki KITAS.
    Penyediaan jasa layanan pembuatan KITAS hanya berlaku untuk peserta BIPA yang mendaftarkan diri pada program Reguler.
  4. Bagaimanakah tahapan untuk mendapatkan KITAS di Indonesia?
    Tata cara pembuatan KITAS terdiri dari tiga tahap:
    1) Pengumpulan dokumen yang dibutuhkan
    Pelajar diwajibkan untuk memenuhi persyaratan dengan melengkapi dokumen-dokumen (sesuai dengan daftar dokumen pada “Aplikasi dan Tata Cara Pendaftaran”). Mohon untuk mengirimkan dokumen-dokumen tersebut melalui email (hasil scan) dan membawa copy-nya ke Indonesia.
    2) Pendaftaran Izin Belajar
    Pelajar akan didaftarkan untuk Izin Belajar di Dikti secara online. Tahap ini akan berlangsung sekitar 3 sampai dengan 4 bulan. Lamanya waktu dalam proses ini tergantung dari jumlah pendaftar saat itu.
    3) Pendaftaran KITAS
    Setelah Izin Belajar selesai, pelajar akan didaftarkan untuk mendapatkan ITAS. Tahap ini akan berlangsung sekitar 2 minggu sampai 1 bulan.
  5. Jika pelajar ingin membayar Program Fee, mata uang apa yang sebaiknya digunakan?
    Kami menyarankan para pelajar untuk membayar dengan mata uang Indonesia – IDR (Indonesian Rupiah), untuk menghindari adanya perbedaan jumlah yang dibayarkan dengan mata uang negara asal pelajar. Terkadang, nilai tukar mata uang mempengaruhi jumlah yang nantinya akan diterima.
  6. Apa sajakah yang akan pelajar terima dari Program Fee?
    Buku ajar, handout, kegiatan karyawisata, dan mahasiswa pendamping / language partner (mahasiswa pendamping hanya akan dipasangkan untuk pendaftar program Reguler atau Darmasiswa).
  7. Bagaimanakah cara mendaftar ke STBA LIA?

    ● Jika pelajar tertarik untuk mendaftar pada Kelas Reguler, kami akan mengirimkan formulir pendaftaran. Setelah diisi, pelajar harus mengirimkan formulir tersebut kembali kepada kami, dan kami akan menghubungi pelajar yang bersangkutan untuk prosedur secara terperinci.

    ● Jika pelajar tertarik untuk mendaftar pada Kelas Privat, kami akan meminta pelajar untuk memberikan informasi secara terinci sebelum kami merancang kelas privat ini. Kami akan meminta pelajar untuk menentukan jadwal, lokasi belajar, serta jumlah sesi yang diinginkan. Setelah itu, kami akan mengirimkan surat penawaran untuk ditandatangani oleh pelajar yang bersangkutan.

  8. Seperti apakah peraturan yang berlaku untuk peserta BIPA di STBA LIA?
    Jika Anda ingin mengetahui mengenai detail dari peraturan yang berlaku untuk BIPA STBA LIA, kami akan mengirimkan peraturan tersebut secara langsung melalui email.
  9. Apakah pelajar diperbolehkan untuk bekerja selama program berlangsung?

    ● Pelajar yang terdaftar pada program Privat diperbolehkan untuk bekerja selama program berlangsung, asalkan tidak akan mengganggu jadwal perkuliahan sehari-hari.

    ● Pelajar yang terdaftar pada program Reguler dan mendaftar KITAS tidak diperbolehkan untuk bekerja karena dapat menyalahi aturan yang berlaku.

  10. Apakah STBA LIA menyediakan asrama?
    STBA LIA tidak menyediakan asrama / tempat tinggal untuk pelajar. Tetapi, pelajar dapat menemukan beberapa rumah kos di sekitar kampus, jadi pelajar dapat mencari sendiri atau kami dapat memberikan bantuan berupa informasi terkait dengan kamar kos.

Pembayaran untuk Pendaftaran, Biaya Program, dan Telex dapat dilakukan melalui:

  1. Pembayaran tunai di STBA LIA Jakarta, atau
  2. Transfer ke
    a. Nama Akun: BRI Yayasan LIA
    b. No. Akun: 0426-01-000744-30-1
    c. Swift code:
    d. Clearing code:

Catatan: Mohon tuliskan nama pelajar pada lembar transfer. Biaya transfer baik dari Bank pengirim dan penerima dibayarkan oleh pelajar / pembayar. KUI STBA LIA tidak menerima pembayaran melalui cek atau kartu kredit.

Informasi lebih lanjut:
  • Kantor Urusan International (KUI) / International Affairs Office (IAO) STBA LIA Jakarta
  • Jl. Pengadegan Timur Raya No. 3, Pancoran, Jakarta 12770, Indonesia
  • Senin - Jumat dari 09.00 - 15.00 WIB
  • +62 21 7918-1051
  • kui@stbalia.ac.id
Translate »