6 Tips Agar Kuliah Tetap Produktif Saat Puasa

Produktif saat Puasa

Agar kuliah tetap produktif saat puasa bukan hal yang mudah, tak terkecuali bagi para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Pasalnya, sebagian orang merasa puasa membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mudah mengantuk sehingga memunculkan rasa malas untuk berkuliah ataupun mengerjakan tugas yang bejibun.

Kamu termasuk yang sedang mengalami fase ini? Yuk, terapkan 6 tips agar kuliah tetap produktif saat puasa berikut ini agar kuliahmu dapat berjalan lancar tanpa kendala:

  1. Sesuaikan waktu tidur

    Tips agar kuliah tetap produktif saat puasa yang pertama adalah menyesuaikan waktu tidur. Selama puasa, kamu perlu beradaptasi dengan perubahan waktu tidur. Oleh karena itu, buat jadwal tidur dengan cara bangun dan tidur di waktu yang sama.

    Misalnya kamu tidur pada jam 10 malam dan bangun pada jam 3 pagi, maka usahakan untuk tidur dan bangun pada jam tersebut secara konsisten setiap harinya. Usahakan untuk tidur lebih awal dari biasanya agar waktu tidurmu tercukupi.

    Punya kendala suka begadang? Yuk, hentikan. Selain tidak baik untuk kesehatan, kebiasaan ini bisa membuat kamu sulit menahan kantuk pada keesok harinya sehingga produktivitasmu bisa menjadi turun. Jadi, cukupi waktu tidur dengan baik dan usahakan untuk tidur tidak kurang dari 4 jam pada malam harinya.

  2. Buat rencana kegiatan
    Buat rencana kegiatan

    Selama puasa, sebaiknya tinggalkan kegiatan yang tidak penting, yang hanya membuang waktu dan tenagamu. Sebaliknya, gunakan waktumu untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti mengerjakan tugas yang diberikan dosen agar kamu tidak perlu begadang untuk menyelesaikannya.

    Kamu dianjurkan untuk belajar atau mengerjakan tugas kuliah dari yang paling mudah hingga yang paling sulit terlebih dahulu agar tidak alami burn out. Kemudian, usahakan untuk mengerjakannya di pagi hari, yaitu setelah sahur dan beribadah.

    Ini karena pada rentang waktu tersebut, pikiran masih fresh sehingga kamu akan lebih mudah dan cepat dalam menyelesaikannya.

  3. Gunakan jam makan siang untuk beristirahat
    Gunakan jam makan siang untuk beristirahat

    Jam makan siang atau jeda waktu kuliah sebaiknya kamu manfaatkan untuk beristirahat atau tidur siang. Tidur siang bisa membantu mengembalikan mood dan energi sehingga membuatmu lebih semangat dalam melanjutkan kuliah berikutnya.

    Jika kamu merasa tidak mengantuk atau ingin memanfaatkan waktu luang yang ada secara maksimal, manfaatkan untuk beribadah atau membaca Al-Qur’an. Waktu luangmu tidak akan terbuang sia-sia.

  4. Olahraga ringan
    Olahraga ringan

    Berpikir bahwa olahraga di bulan puasa hanya akan membuatmu lelah? Jangan salah. Olahraga di bulan puasa justru harus tetap dilakukan karena turut memengaruhi kebugaran dan produktivitasmu selama bulan Ramadan.

    Kamu hanya perlu lebih bijak dalam memilih olahraga yang dilakoni supaya tidak alami kelelahan. Jadi, daripada tidak olahraga sama sekali, lebih baik pilih olahraga ringan seperti jogging, yoga, jalan kaki, atau bersepeda.

    Untuk waktu, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Namun, sebagian besar orang memilih untuk berolahraga pada jam menjelang waktu berbuka karena merasa energi yang terbuang akan segera terisi setelahnya.

  5. Makan makanan sehat
    Makan makanan sehat

    Tips tetap agar kuliah tetap produktif saat puasa berikutnya adalah membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat ketika sahur ataupun berbuka. Ini penting untuk diperhatikan karena setiap makanan yang masuk ke tubuhmu, akan berpengaruh terhadap produktivitasmu selama berpuasa.

    Jadi, pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Caranya, cukupi asupan karbohidrat dan jangan lupa untuk melengkapinya dengan makanan sehat lain seperti ikan, daging, sayur, buah, dan susu agar tubuh tidak mudah lesu saat puasa.

  6. Minum air putih yang cukup
    Minum air putih yang cukup

    Agar tubuh tetap terhidrasi, kamu dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya. Untuk memenuhinya, kamu bisa menerapkan pola minum 2-4-2, yaitu 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air putih saat makan malam, dan 2 gelas air putih saat sahur.

    Menerapkan tips agar kuliah tetap produktif saat puasa sebenarnya tidak sulit. Kamu hanya perlu beradaptasi dengan perubahan yang ada dan konsisten dalam menjalaninya. Yuk, tetap semangat dan jangan jadikan puasa sebagai alasan dari menurunnya produktivitasmu dalam berkuliah.

1 Response

Leave a Reply

Translate »