Ini 5 Tips Meningkatkan Nilai TOEFL

nilai toefl

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language adalah tes untuk menguji kemampuan dan kefasihan dalam berbahasa Inggris. Biasanya, sertifikat TOEFL sering kali dijadikan berkas penting untuk syarat masuk perkuliahan atau melamar pekerjaan.

Semakin tinggi nilai TOEFL yang didapatkan, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jadi, tak heran bila banyak orang yang mempersiapkan diri dengan baik supaya memperoleh nilai TOEFL yang tinggi.

Nah, kalau kamu ingin mencoba mengikuti tes TOEFL, kamu bisa ikuti beberapa tips di bawah ini:

  1. Pelajari grammar bahasa Inggris
    Kamu bisa memulainya dari belajar grammar bahasa Inggris, seperti part of speech, phrases, clauses dan sentences untuk membantu memperlancar saat mengerjakan soal structure and written expression pada tes TOEFL.

    Tujuan dari tes tersebut adalah menguji kemampuan dalam memahami tata bahasa dan ungkapan yang banyak dipakai. Karena ada banyak jenis grammar yang perlu kamu kuasai, tentu diperlukan banyak waktu dan kerja keras untuk mempelajarinya.

  2. Belajar membaca cepat
    Membaca cepat merupakan keahlian penting dalam mengerjakan soal reading comprehension. Pasalnya, akan ada banyak bacaan yang cukup panjang dalam tes ini. Bila kamu membacanya lambat, waktumu akan terbuang sia-sia di sini.

    Jadi, dengan kemampuan membaca cepat, kamu akan bisa lebih cepat mengerti hal penting dari bacaan tersebut, sehingga tidak akan membuang banyak waktu.

  3. Berlatih membuat esai
    Dalam beberapa ujian TOEFL, biasanya akan ada Test of Written English yang mengharuskan peserta menulis esai tentang topik tertentu. Tes ini tentu memakan banyak waktu karena perlu memikirkan isi tulisan serta cara dan susunan penulisan.

    Agar kamu bisa mengerjakan tes ini dengan baik dan tepat waktu, sering-seringlah berlatih membuat esai. Sebelum menulis, buatlah beberapa poin penting yang akan kamu tulis. Dengan begitu, tulisanmu akan lebih terstruktur dan mudah dimengerti.

  4. Latihan mendengar dalam bahasa Inggris
    Perbanyaklah kosakata bahasa Inggris. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbanyak kosakata bahasa Inggris, bisa dengan menonton film dan berita atau membaca buku. Kamu juga bisa lebih sering mendengarkan musik-musik bahasa Inggris. Selain memperkaya kosakata, ini akan melatihmu untuk lebih lancar saat tes listening nantinya.
  5. Latihan soal TOEFL
    Selain mempelajari hal-hal di atas, kamu juga perlu sering berlatih mengerjakan soal TOEFL. Semakin sering kamu latihan, maka akan lebih mudah pula kamu mengusai setiap jenis tes pada ujian TOEFL. Kamu dapat mencari soal-soal tes TOEFL di internet atau dengan mengikuti kursus bahasa Inggris.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan nilai TOEFL. Ingat ya, untuk meraih hasil yang memuaskan, tentu tidak didapatkan dengan cara yang instan. Kamu harus rajin belajar dan meluangkan waktu secara disiplin supaya lebih siap menghadapi ujian TOEFL.

Kalau nilai TOEFL-mu tinggi, kamu bisa mendapatkan beasiswa kuliah di STBA LIA Jakarta, lho. Bagi pendaftar yang memiliki nilai TOEFL minimal 450, akan mendapatkan beasiswa dengan potongan harga 50%. Jika kamu memenuhi syarat tersebut, segera daftarkan diri kamu pada link berikut ya bit.ly/PMBSTBALIA.

Leave a Reply

Translate »